Jumat, 11 Januari 2013

FILM KARTUN YANG MENGHIBUR DAN MENDIDIK (GREENJOB VERSION)

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Hello sobat kecil hehehe. Postingan kali ini saya mau pasang beberapa film kartun yang sifatnya mendidik, dan cocok untuk anak-anak. Kebanyakan dari film kartu mengandung beberapa unsur kekerasan,dan hal itulah yang membuat anak apabila menontonnya sulit untuk memfilter hal yang bermanfaat. Menurut saya film kartun yang baik untuk anak adalah film kartun yang sifatnya mendidik dan menghibur. Bukan berarti film kartun yang tidak mendidik dilarang untuk di tonton oleh anak-anak. Memang sudah banyak bermunculan film-film kartun dari berbagai negara, tentunya dengan variasi-variasi tertentu.

Film kartun yang menghibur memang banyak. Tapi film kartun yang menghibur dan mendidik mungkin tak sebanyak film kartun yang hanya bersifat menghibur saja. Di sini saya tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan film kartun yang bersifatnya menghibur saja. Saya hanya menganjurkan film kartun yang terbaik untuk anak itu seperti apa. 

Memang semua film kartun tidak semuanya bersifat menghibur, kadang terselip dalam adegan sesuatu sikap yang baik ditiru, tapi karena banyak yang bersifat action, nakal, ejek-ejekan dalam adegan dan hal inilah yang menghalang bagaimana si anak untuk menangkap hal-hal yang baik dalam sebuah adegan film kartun. Bisa diartikan tidak seimbang. Boleh saja ada adegan action atau ejek-ejekan, asalkan porsinya lebih berat ke yang bersifat mendidik.

Lalu kartun yang mendidik itu seperti apa? Kalau dalam contoh adegan, misalnya ada dua orang anak yang berkelahi karena berebut makanan, tiba-tiba datang satu anak lagi yang langsung melerai kedua temannya yang berkelahi ini, agar mereka akur lagi si anak ini membagi dua makanan lalu dibagilah kepada kedua temannya tadi. Nah inilah salah satu adegan dalam film kartun, yang sifatnya mendidik. Di adegan tersebut memang ada unsur perkelahian, tapi dengan ada unsur yang baik (si anak yang melerai kedua temannya) adegan ini bisa menjadi adegan yang dapat di filter oleh anak-anak. Dengan kata lain, secara keseluruhan adegan ini adalah contoh yang sifatnya baik (mendidik).

Film kartun apa saja yang sifatnya mendidik dan menghibur? Nah untuk pertanyaan ini, saya akan tampangkan mana-mana saja film kartun yang mendidik sekaligus menghibur (versi greenjob). Berikut film-film kartun yang sifatnya mendidik dan menghibut, cocok buat anak-anak dan semuanya.

----------------------------------------------------------------------------

Yang pertama -- UPIN DAN IPIN

Upin dan Ipin adalah film kartun yang di berasal dari Malaysia. Itu sudah jelas kelihatan dari bahasa yang digunakan dalam percakapan dan adegan dalam film kartun ini. Film kartun ini terdiri dari beberapa episode. Dari setiap episode yang ditanyang pasti mengandung cerita yang unik, menghibur dan tentunya mendidik. Contohnya pada adegan berikut ini :


"Ketika mendengar berita bahwa rumah Ijat terbakar, Upin, Ipin dan kawan-kawannya berupaya untuk membantu Ijat. Masing-masing mempunyai cara untuk membantu. Tetapi Upin dan Ipin tidak mempunyai uang atau barang untuk didermakan. Namun begitu, mereka tidak putus asa mencari cara untuk membantu."

Upin dan Ipin juga ada yang versi the movie. Versi ini biasanya menceritakan sebuah cerita yang lebih panjang, dengan membuatnya lebih menarik dan menghibur, sehingga anak-anak tertarik untuk menontonnya. Film Upin dan Ipin "GENG" adalah salah satu versi the movie nya. 

Gaya bahasa yang unik dan suara yang lucu menambah ketertarikan bagi anak-anak untuk menonton. Karakter-karakternya juga lucu-lucu dan imut-imut. Film kartun ini memang baik untuk anak-anak, sifatnya yang menghibur sekaligus mendidik untuk melakukan hal yang baik.
------------------------------------------------------------------------------

Yang kedua -- MERAIH MIMPI

Meraih Mimpi adalah film kartun 3D buatan Indonesia. Film ini menceritakan tentang seorang gadis yang sangat peduli lingkungan dan menyayangi binatang. Cerita dalam film ini sangat bagus, dan cocok untuk semua umur. Cerita dalam film ini banyak mengandung hal-hal yang baik, yang patut kita contoh. Film Meraih Mimpi memang termasuk film yang mendidik. Dalam postingan sebelumnya saya juga pernah membahas tentang film ini dalam kategori film yang mendidik. Bagi temen-temen yang belum nonton film ini, coba sekali-kali tonton. Kalau tidak punya CD/DVD nya, nih saya kasih full movie nya (dari youtube).

 
 ------------------------------------------------------------------------------

Yang ketiga --  DETECTIVE CONAN

Detective Conan adalah salah satu film kartun yang berasal dari Jepang. Film kartun ini menceritakan tentang seorang detective SMA yang terkenal dengan keahliannya dalam memecahkan kasus-kasus kejahatan. Pada suatu saat detective SMA (Shinichi Kudou) dan teman sekelasnya (Ran Mouri) pergi ke suatu tempat fesitival hiburan. Tiba-tiba Kudou melihat sesorang yang mencurigakan, kemudian segeralah dia mengikuti orang itu dan meninggalkan Ran sendiri. Hingga di suatu tempat ia melihat seseorang yang sedang bertransaksi, entah transaksi apa yang dilakukan Kudou pun tak tahu.  Salah satu orang itu mengenakan jubah hitam. Tanpa diketahuinya ada seseorang yang datang dari arah belakang Kudou, lalu orang tersebut memukul bagian belakang Kudou hingga cedera. Ternyata dia adalah teman si baju hitam tadi sekaligus ketua dari Organisasi Baju Hitam. Kedua orang ini memberikan Kudou (yang terbaring lemah) sebuah pil (entah pil apa), tanpa basa-basi kedua orang ini langsung pergi. Tak lama kemudian datanglah polisi, yang kemudian menemukan Kudou dengan keadaan yang berbeda. Entah kenapa tubuh Kudou menjadi anak-anak usia 6 tahun, Kudou pun kaget dan tak tahu apa-apa. Di sinilah awal bermulanya detective boy, detective anak usia berumur 6 tahun, Conan Edogawa. 


Film kartun ini terdiri dari beberapa episode dan ada juga versi the movienya, bahkan ada versi orang (asli manusia bukan 3D). Hingga saat ini sudah ada 16 versi the movie nya. Film kartun ini banyak mengandung hal-hal yang baik, dan ada juga yang konyol-konyol. Bagi sobat-sobat yang belum pernah nonton filmnya (versi episode) atau the movie nya, coba deh buruan tonton. 


Nah sobat, itu adalah 3 dari beberapa film kartun yang mendidik sekaligus menghibur untuk anak-anak atau untuk semua kalangan. Tiga diatas adalah film kartun favorite saya hehehe. Film kartun yang mendidik dan menghibur lainnya seperti Dora The Explorer, Adventure of Tin-Tin, Scooby Doo, Barbie, Captain Tsubasa dan masih banyak lagi. Semuanya versi saya dan versi GreenJob. Bagi sobat yang memiliki versi lain, mungkin bisa komentar di bawah ini. Oke sobat sampai di sini dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat bagi siapa yang membaca dan menonton film kartun yang kami rekomendasikan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Daa... Daa....

Wassalamualaikum Wr. Wb.
KINDLY BOOKMARK AND SHARE IT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar