Jumat, 17 Agustus 2012

ALAM ADALAH TITIPAN TUHAN

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selam sejahterah sobat-sobatku. Apa kabarnya nih? masih sehat-sehat aja kan? pastilah ! lebaran tinggal beberapa hari lagi nih, semangat yoo mengingat hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia, jadi kita harus tetep semangat dan terus semangat yeeeee....hahaha. nah gitu donk! :D

Oke sobat untuk kali ini saya mau nanya sama sobat-sobat nih. Sobat-sobat peduli gak sih sama lingkungan kita? haayyooo... peduli gak?. Hmmm... sobat! kita sebagai manusia ciptaan Tuhan, kita tuh harus bersyukur atas apa yang diberikan oleh Sang Pencipta (Allah). Contohnya nih tempat dimana kita tinggal, mungkin kita gak terlalu menyadari bahwa nikmat yang diberikan oleh Allah benar-benar telah kita rasakan, karena kita tak bersyukur. Sekecil apapun nikmat yang diberikan oleh Allah, kita wajib mensyukurinya karena tidak semua orang bisa mendapatkan nikmat seperti itu. Oleh karena itu kita patut bersyukur atas apa yang diberikan-Nya.

Sobat-sobatku! alam ini adalah nikmat yang tergolong besar loh yang deberikan oleh Allah S.W.T kepada kita. Tapi... kebanyakan dari manusia malah menelantarkannya. Sungguh disayangkan yah. Alam lah yang menjaga kita, alam yang memberi kita kekuatan, alam yang memberi kita makan, alam yang memberi kita udara hingga hita bisa bernapas, alam yang memberi keindahan alami, alam juga yang memberikan kita kesegaran. Alam adalah titipan Allah yang perlu kita jaga dan kita sembuhkan jika alam terluka. Sobat! tau gak? kita ini sebenarnya adalah titipan Allah juga loh. Kita adalah titipan Allah yang dititipkan kepada Orang Tua kita. Coba kalian bayangkan hingga sedewasa ini kita bisa hidup itu karena Orang Tua kita menjaga dan mengajarkan kita hal yang baik. Seharusnya kita sadar, seandainya kita ditelantarkan apa yang akan terjadi kepada kita saat ini? apakah kita bisa bertahan hingga saat ini? mungkin sulit untuk menjawabnya.

Sobat-sobatku yang tercita. Jawaban yang sulit ditebak itulah yang akan terjadi kepada alam kita jika kita menelantarkannya. Alam juga bagian dari hidup kita. Mengapa kita malah menelantarkannya?. Tidak heran banyak orang mengatakan bahwa sebuah bencana adalah sebuah kemarahan alam akibat ulah manusia sendiri. Karena alam adalah titipan Allah.

Saya sebagai salah satu dari berbagai orang yang menyadari pentingnya menjaga yang menjadi titipan Allah, mengingatkan kepada sobat-sobat bahwa yang menentukan hidup dan mati adalah Allah bukan kita atau orang lain. Janganlah membuat alam menangis, jangan mengotori alam dengan tangan kita, jangan merusak alam dengan perbuatan kita, jangan menelantarkan apa yang alam punya. Sesungguhnya jika kita melakukan semua itu, itu sama saja melakukan hal yang tidak pantas terhadap hidup kita sendiri dan makhluk ciptaan Allah yang lain.

Sobat-sobatku sebagai pencerah coba kalian perhatikan salah satu arti ayat Al-Qur'an tentang Kelestarian Lingkungan.

Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : Adakanlah perjalanandimuka bumi dan perlihatkanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS Ar Rum : 41-42)

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

Sobat-sobatku! kok jadi tegang nih wkwkwkw. SOBAT! SEBUAH KALIMAT YANG PERLU KALIAN TAHU DAN KALIAN PAHAMI "PERLAKUKANLAH DENGAN BAIK KEPADA SIAPAPUN SESAMA CIPTAAN TUHAN".

Okeh cukup sampai disini ya. Lain kali kalau mau lebih ngerti sering-sering tanya sama UJ atau gak A'a Gym. wkwkwkw sampai jumpa di postingan berikutnya sobat! Thank sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke blog ini. Da.....da..... :D


Waalaikumsalam Wr. Wb.

Sumber :  
http://jokosiswanto77.blogspot.com/2010/06/ayat-ayat-al-quran-tentang-kelestarian.html
KINDLY BOOKMARK AND SHARE IT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar